Sunday, 6 March 2011

Rumah - Merencanakan Bangun Rumah

TENTANG RUMAH
Kebutuhan rumah adalah kebutuhan yang cepat atau lambat harus segera dipenuhi terutama untuk yang sudah berkeluarga untuk tempat tinggal. Semua orang ingin memiliki hunian yang di desain dengan baik,  baik ini bisa mengartikan bermacam-macam definisi, saya mengartikan rumah yang baik itu rumah yang bisa representatif dan mengakomodir karakter pemiliknya, sehingga desain rumah pada dasarnya sangat spesifik dari pemilik rumah itu sendiri hal ini harus menilik karakter hunian yang susuai dengan karakter pemilik serta profesi yang dijalaninya.sehingga pada dasarnya rumah seseroang itu mestinya berbeda dengan rumah seseorang yang lain.
Uang yang cukup belum tentu menyelesaikan rumah idaman anda. beberapa kasus orang harus membongkar karena ada maksud yang tidak tercapai dari rumah yang sudah terbangun dan setelah dibangun lagi belum juga dia puas. ada juga orang yang sudah membangun kemudian bingung ditengah jalan karena tidak tahu lagi seperti apa selesai rumahnya dan juga banyak sekali kasus pembengkakan biaya pembangunan rumah yang disebabkan tanpa perencanaan yang baik.
kasus-kasus di atas seharusnya tidak akan terjadi seandainya sebelum membangun rumah sebaiknya anda mendesain dulu secara matang rumah idaman nya, kalau desain sudah jadi ada baiknya anda rembuk dulu dengan anggota keluarga anda karena anda tidak hidup sendiri melainkan untuk keluarga anda.
CARILAH ARSITEK APABILA ANDA TIDAK AHLI DALAM MENDESAIN
Pekerjaan dengan perencanaan itu lebih baik daripada pekerjaan tanpa perencanaan, jangan terlalu lama berpikir mengenai harga jasa desain arsitek. datangi dan tawarkan kemampuan anda, atau bertemanlah dengan arsitek atau orang yang berpengalaman dalam desain rumah. ini juga bisa jadi solusi yang baik karena pada dasarnya seorang desainer harus betul-betul memahami rumah impian kliennya sehingga dia bisa menuangkan nya kedalam gambar.
Jangan anda merasa harus membayar mahal jasa arsitek, coba anda bayangkan efisiensi waktu dan biaya serta tenaga anda untuk membuat desain lengkap dengan estimsai biaya.
AJAK ARSITEK UNTUK SURVEY KE LOKASI YANG AKAN DIBANGUN
Ini adalah tahapan awal sebelum anda menyatakan kriteria rumah keinginan anda, survey ini sangat penting karena anda dengan arsitek dapat berkomunikasi banyak hal yang berkaitan dengan nilai positif dan negatif dari lahan anda. beberapa poin yang penting dari survey:
Arah mata angin; ini akan berpengaruh terhadap  bukaan dan orientasi rumah sehingga anda bisa mengoptimalkan pencahayaan alami serta bukaan untuk angin supaya rumah sehat. dilain kesempatan saya akan coba tulis mengenai rumah sehat dan rumah hemat.
Adakalanya lokasi mempunyai view positif dan negatif baik dari dalam tapak keluar ataupun view dari luar ke dalam tapak.
dari survey ini bisa jadi anda dan arsitek menemukan karakter unik dari lokasi rumah anda yang bisa digali lebih jauh.
NYATAKAN KEBUTUHAN DAN KEINGINAN ANDA

kebutuhan utama adalah ruangan, kemukakan ruang apa saja yang anda inginkan, selain standar kebutuhan ruang secara umum ada juga kebutuhan ruang secara khusus dan ini sangat tergantung dari profesi pemilik rumah, profesi dokter, seniman, writer serta profesi lainnya pasti ada ruang khusus untuk bekerja. semakin detail anda jelaskan kemungkinan besar semakin mendekati keinginan anda dalam hasil desain.
Anda juga menyatakan gaya rumah anda baik itu rumah tropis, klasik, etnik, minimalis, modern dan langgam lain yang ada dalam benak anda. 
Disini anda bisa menawarkan beberpa referensi yang bisa anda dapat di buku atau internet, arsitek juga bisa menawarkan kreatifitasnya kepada anda. komunikasi adalah hal yang penting sehingga ada kesepahaman bahasa dalam mendesian.
PRADESAIN
Arsitek akan menawarkan desain awal untuk dikonsultasikan kepada anda. Sketsa yang paling penting adalah denah, disini memuat keterangan nama ruang, ukuran ruang, pola hubungan ruang, area privat, area servis juga lokasi pintu dan jendela. Pada saat membuat gambar denah arsitek sudah membayangkan model hasil akhir dari bangunan. Ada baiknya Arsitek menawarkan beberapa alternatif hasil akhir berdasarkan input yang anda berikan . tahap ini sangat penting sebelum melanjutkan gambar detail.
Sekali lagi bahwa "komunikasi sangat penting". teruslah berkomunikasi sampai ada kesepahaman terhadap gambar.
DESAIN DETAIL
Apabila ada kesepahaman model rumah selanjutnya arsitek bisa melanjutkan pada gambar detil. tahap ini adalah tahap penyelesaian gambar pradesain sehingga dapat digunakan untuk menghitung anggaran. Dokumen ini berupa:
  • Recana Gambar kerja dan Detail engineering design
  • Visual Image 3D
MENGHITUNG ANGGARAN DAN BIAYA
Menghitung rencana anggaran dan biaya (RAB) untuk membangun rumah bukanlah hal yang rumit karena semua sudah ada kaidah-kaidah. Dari data RAB anda akan mendapatkan iformasi:
  • Item Pekerjaan
  • Volume Pekerjaan
  • Analisa sesuai SNI serta harga satuan.
  • Estimasi Harga
PROSES MEMBANGUN
Kalau dana tidak aman sebaiknya konsultasikan lagi dengan arsitek mengenai prioritas tahapan pekerjaan. Awasi pekerjaan supaya sesuai dengan spek gambar. Pastiksaan anda mengawasi pekerjaan rumah anda, kalau anda tidak ada waktu maka lebih baik anda menyuruh orang untuk menggantikan anda.


Saya akan jelaskan beberapa informasi penting pada postingan selanjutnya. sekarang disudahi dulu supaya anda tidak bosan membaca.
Bahasan saya bisa betul dan bisa salah, tidak tersusun secara teoritis cuma  perkirraan tahapan ideal menurut saya. semoga bermanfaat.

No comments: