Friday, 16 March 2012

Skill architect or Soul Architect

Apakah anda setuju arsitek itu adalah seniman? Saya hanya membandingkan seni arsitektur dengan seni secara universal, dimana kemampuan menghasilkan karya seni adalah sebuah bakat. bakat seni ada yang melalui proses belajar formal dengan mempelajari berbagai referensi seni sehingga dia mampu mengolah dirinya sehingga menjadi ahli dalam menciptakan karya, ada pula yang bakat seni nya berupa anugerah sehingga mereka sering disebut belajar atodidak.
karya mereka cenderung muncul dari jiwa mereka dalam berkreasi. sebut saja salah satu jenis music adalah music reagge. orang menganggap itu adalah soul, bukan skill. karena mereka mempunyai misi yang mau disampaikan, dan penyampaian nya sangat dalam.
kedua-duanya baik belajar otodidak ataupun melalui pendidikan formal tetap saja seni. dan tetapa saja mendapat pengakuan menurut hasil karyanya .yaitu pengakuan dari penikmat seni.

Arsitektur ditinjau sebagai sebuah keprofesian tentu saja dianggap SKILL, sehingga ada Surat Keterangan Ahli Arsitektur dan bergabung dengan Asosiasi Arsitek, dan berkas ini sering diminta sebagai pengakuan apabila ada suatu paket pekerjaan bahkan pada sebagaian sayembara arsitektur. Bagaimana dengan yang sekedar mempunyai ilmu dasar seni namun dia mampu menciptakan karya arsitektur?
Apa pendapat anda tentang arsitek handal. SKILL or SOUL. atau kemampuan memadukan keduanya.
dimana pengakuan skill? dikertas atau dalam karya atau jam terbang.

Jangan terlalu serius... ini hanya tulisan suntuk saya saja.

No comments: