Sunday 15 January 2012

Mengenal Aceh = Berwisata ke Aceh

Tulisan ini akan bermanfaat buat kalian yang suka berpetualang, backpacker yang sangat penasaran tentang bumi aceh.
Ketika mereka tahu saya lahir di Aceh banyak yang bertanya seperti apa Banda Aceh Sekarang? padahal pada dasarnya mereka juga tidak pernah tahu Banda Aceh dulu karena mereka memang belum pernah sama sekali menginjak kaki nya di bumi Aceh. Berita tentang aceh di berbagai media banyak berkaitan tentang konflik, bencana tsunami dan narkoba. padahal banyak sekali point of interest di aceh dan saya sangat menyadari bahwa point of interest adalah tergantung dari self interest. tidak ada salahnya juga kalau saya ceritakan saja apa yang saya ketahui mudah-mudahan bisa kalian bayangkan dan terbesit keinginan untuk datang ke aceh.
Saya Tidak bercerita banyak tentang konflik aceh dan bencana tsunami atau fenomena sosial lain yang ada di Aceh karena saya tidak mempunyai cukup data yang bisa saya jelaskan. yang jelas kondisi kami sekarang cukup aman dan damai, ketegangan musiman hanya menjelang pilkada saja seperti halnya wilayah lain di Indonesia.
"Peumulia jame" atau memuliakan tamu adalah sifat masyarakat aceh, semacam virus yang ditularkan secara turun temurun ke anak cucu, kalau kalian datang sebagai sahabat dan berniat bersilaturrahmi tentu saja kalian akan disambut dengan kehangatan. Datanglah sebagai kerabat dan ucapkan Assalamualaikum maka sepanas apapun suasana pasti akan mencair.
"Tamong U dalam neuduek bak tika", masuklah ke dalam dan duduklah diatas tikar, kalau anda sudah masuk kedalam rumah berarti anda sudah diterima. duduklah dan kita akan bercerita lebih jauh tentang aceh.
Mengenal aceh saya mengartikan supaya anda mencintai aceh dengan berjalan dan melihat apa saja yang ada disana. mengenal sebagai kota budaya, kota sejarah, wisata religi atau wisata alam.
Apa saja yang ada di aceh?
Kalau kalian berkunjung dengan jasa transportasi udara maka anda akan mendarat di Airport Sultan Iskandar muda, nama yang disemat adalah nama raja Aceh yang sangat terkenal Muda Meukuta Perkasa Alam kekuasaan Aceh mencapai pesisir barat Minangkabau Sumatera Timur hingga Perak di semenanjung Malaysia. Perjalanan sekitar 20 menit dengan angkutan darat anda akan tiba di pusat kota banda aceh.
SELAMAT DATANG DI KOTA BANDA ACEH
mesjid raya baiturrahman
Di pusat kota Banda Aceh terdapat Mesjid Raya Baiturrahman yang merupakan menjadi ikon penting Banda Aceh. Mesjid Raya ini memiliki berbagai keindahan arsitektur dan ornamen, sekaligus menjadi kebanggaan masyarakat Aceh serta memiliki latar belakang sejarah Aceh yang luar biasa.
Radius 2 km dari mesjid raya anda masih bisa melihat-lihat banyak objek sejarah lain nya yang dapat kalian dokumentasi fotonya karena kalian masih berada dikawasan heritage. untuk narasi yang menyangkut tentang sejarah saya banyak mengutip dari id.wikipedia.org dan acehtourismagency.com silakan saja baca sendiri. Saya hanya menceritaan beberapa spot yang mungkin kalian kunjungi. Berbagai atraksi wisata unggulan lainnya antara lain:
Meuseum Aceh, dalam komplek ini anda juga bisa mengunjungi makam Sultan Iskandar Muda, Rumoh Aceh (Rumah Aceh), juga Lonceng Cakra Donya yang merupakan hadiah dari Laksamana cheng hoo. Pada lokasi yang berdampingan dengan museum aceh terdapat bangunan Meuligoe, yang sekarang dijadikan sebagai pendopo Gubernur, Meuligoe dulunya adalah singasana kerajaan Aceh yang dihancurkan Belanda dan didirikan bangunan yang baru. Dari Meuligoe kita menuju ke Taman Putroe Phang. Taman Putroe Phang: adalah taman yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda (1607-1636). Putroe phang adalah permaisuri dari sultan iskandar muda yang berasal dari Kerajaan Pahang. Taman ini didirikan oleh sultan Iskandar muda pada abad 17 atas pemintaan putroe pahang. taman ini dibangun karena Sultan sangat Mencintai putri pahang dan agar sang permaisuri tidak kesepian bila di tinggal sultan menjalankan pemerintahan, Sultan Iskandar Muda bersedia memenuhi permintaan permaisurinya untuk membangun sebuah taman sari yang sangat indah. Tanan ini deilengkapi dengan Gunongan sebagai tempat untuk menghibur diri agar kerinduan sang permaisuri pada suasana pegunungan di tempat asalnya terpenuhi. Selain sebagai tempat bercengkrama, Gunongan juga digunakan sebagai tempat berganti pakaian permaisuri setelah mandi di sungai yang mengalir di tengah-tengah istana.
gunongan
taman putroe phang

diseberang Gunongan ini terdapat Kerkoff Peucut : adalah kuburan prajurit Belanda yang tewas dalam Perang Aceh. Kompleks kuburan ini banyak tersebar di wilayah Indonesia. Salah satunya terletak di kota Banda Aceh, dan sekarang menjadi objek wisata menarik

Kuburan Kerkhoff Banda Aceh adalah kuburan militer Belanda yang terletak di luar negeri Balanda yang terluas di dunia. Dalam sejarah Belanda.
Dari lokasi kerkoff ini anda hanya berjalan kaki sepanjang 200 meter akan segera bertemu dengan pintu gerbang ke kerkoff dan museum tsunami,
Meuseum tsunami : adalah museum yang didirikan di Banda Aceh, Indonesia, untuk  mengenang gempa bumi Samudra Hindia 2004 serta menjadi pusat pendidikan dan tempat perlindungan dari tsunami Museum ini didesain oleh arsitek Indonesia Ridwan Kamil Museum Tsunami Aceh menampilkan simulasi elektronik gempa bumi Samudra Hindia 2004, foto-foto korban dan kisah dari korban selamat.
kerkoff peucut latar meuseum tsunami
Dari lokasi meuseum anda hanya perlu menyebrang jalan dan akan tiba di lapangan blang padang, ada beberapa situs yang bisa anda temui disana, antara lain: Monumen RI-001 Seulawah adalah pesawat angkut pertama milik Republik Indonesia yang dibeli dari uang sumbangan rakyat Aceh. Pesawat Dakota RI-001 Seulawah ini adalah cikal bakal berdirinya perusahaan penerbangan niaga pertama, Indonesian Airways. Pesawat ini sangat besar jasanya dalam perjuangan awal pembentukan negara Indonesia. Di dalam blangpadang juga terdapat tugu thanks to the world: Monumen Thanks to the World terletak di lokasi Lapangan Blang Padang yang bertuliskan ucapan terima kasih dan damai yang dipersembahkan dari berbagai Negara dengan bahasa dari masing-masing negara tersebut.

RI 001
PLTD Apung
Kapal diatas rumah

Kita istrirahat sejenak, mengumpulkan energi, memeriksa barang bawaan dan mengencangkan tali sepatu untuk perjalanan selanjutnya.kapal diatas rumah
Dari Blang Padang kita akan menuju ke arah barat sekitar 2 km, disana ada Kapal PLTD apung.
Kapal PLTD APUNG (bobot 2.600 ton, panjang 63 meter dengan luas 1.600 m2) milik PLN NAD yang terdampar ke darat sejauh + 5 km dari laut pada saat kejadian gempa dan gelombang tsunami .Kapal PLTD Apung ini sekarang menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara dan juga domestik. Hampir semua tamu negara yang pernah berkunjung ke Indonesia selalu menyempatkan diri untuk datang ke Aceh ingin membuktikan kejadian nyata yang sangat dahsyat tersebut. Pada awal-awal kejadian tsunami, Sekjen PBB Kofi Anan dan mantan Presiden Amerika Serikat Georges Bush dan Bill Clinton langsung datang menyaksikan keberadaan kapal tersebut. Selanjutnya sampai dengan sekarang, banyak kepala pemerintahan negara asing dan tokoh-toko dunia yang menjadi tamu Indonesia selalu menyempatkan diri untuk datang kelokasi bencana kapal PLTD Apung.Di sebelah kiri PLTD Apung ini sekarang telah selesai dibangun Monumen Edukasi Tsunami yang berisi catatan sejarah dan foto-foto tentang Tsunami.Selanjutnya kita menuju daerah lampulo. disini tidak mungkin lagi kita berjalan kaki karena jaraknya sekitar 5 km dari PLTD apung untuk melihat salah satu bukti sejarah tsunami yaitu sebuah kapal yang tersangkut di atas atap rumah penduduk.
Saya yakin koleksi foto anda sudah lumayan banyak, biar ada dokumentasi anda biar saya yang jadi tukang potret kalau anda tidak keberatan camera nya saya pegang. Sekarang kalian sudah punya bukti untuk menyatakan bahwa kalian sudah pernah ke Aceh ke teman-teman kalian. Perjalanan tadi pasti menghabiskan waktu anda seharian, sebaiknya kita pulang dulu sekedar mandi dan melihat-lihat hasil jepretan. kalau mau kerjain sambil santai kita bisa duduk ngopi dan menikmati kuliner aceh. warung kopi sangat lah banyak di Banda Aceh, semakin malam semakin ramai dan hangat. kalau ga percaya silakan aja search suasana malam di banda aceh. Usahakan istirahat yang cukup karena besok pagi kita akan melihat-lihat wisata alam pantai di Aceh.

Baiklah. pagi-pagi sekali kita coba bergerak ke pantai lhok nga sekitar 17km dari kota, kalau pagi sekali mungkon kita bisa memotret matahari terbit. tapi kalau agak kesiangan juga tidak apa-apa, pantai lhoknga tetap saja indah karena pasirnya putih, lautnya bersih dan langit selalu cerah dan biru dan tak kalah dengan suasana pantai bali. disini anda bisa makan ikan bakar atau sekedar minum saja. disediakan tempat duduk yang sederhana, anda jangan membayangkan pantai jimbaran, karean di bali semua sudah dijadikan resort dan tentu saja mahal. disini anda gratis untuk menikmati alam.silakan anda berlama-lama disini kalau anda mau tapi baik nya kita cari makan siang diluar, karena ada tempat lain lagi yang mau saya ajak. rencananya kita ke pantai cermin ulee lheue sektar 6 km dari mesjid raya baiturrahman. dalam perjalan kesana kita bisa singgah lagi ke PLTD apung kalau anda mau atau kita lanjut saja ke arah Ulee Lheue, sekitar 2 Km sebelum pantai anda bisa melihat desa-desa yang sudah tertata kembali setelah luluhlantak oleh akibat tsunami. disana juga ada komplek kuburan masal yang sudah tertata.

sebelah laut ke sana itu pulau weh Sabang. bagaimana? anda berminat ke sana? kalau minat kita berangkat kapal sore sekitar 45 menit naik kapal cepat kita sudah dipulau paling barat Indonesia. Disana anda bisa menikmati pantai iboih, Taman laut pulau rubiah, gapang, Gua Pantai, danau aneuk laot, pantai sumur tiga, dan pantai kasih. pastikan batre camera anda cukup tahan, karena sabang adalah pulau yang sangat exotic. anda bisa diving atau snorkling. laut nya bersih, anda bisa melihat ikan dalam aquarium yang besar. dan puncak nya kita akanke tugu nol kilometer. kalau sudah disana anda akan dicatat dan diberikan semacam piagam sebagai tanda anda sudah ke kilometer nol.
SELAMAT BUNG... ANDA BERADA DI TITIK NOL KILOMETER INDONESIA SEKARANG...
titik yang bisa anda kunjungi di sabang Anoe Itam, Pantai Tapak Gajah, Sabang Hill, Air Terjun Peria Laot, Puncak Sabang, Sumber Panas Bumi Jaboi.
Terserah anda mau pulang lagi  atau memutuskan untuk menikah saja di sabang. atau mau melanjutkan ke kabupaten lain yang ada di Aceh. Sampai ketemu.. wassalam.

Referensi:

Anonymous said...

i miss these beautifull places. ones day i'll be there to visit you.