Friday, 9 March 2012

Waterproofing - membran Asphalt

Banyak sekali material untuk waterproofing pada bangunan terutama pada atap dack untuk menghindari kebocoran, salah satunya adalah membran asphalt atau bitument roll. untuk memasang membran asphalt ini ada harus sipersiapkan dulu bidang yang akan di asphalt yang datar dan bersih dari debu juga kotoran matrial seperti kerikil, paku dan lain lain. kotoran ini kalau tidak dibersihkan akan membuat membran yang terpasang menjadi bocor. Setelah tahap persiapan dilanjutkan dengan melapisi dengan primer coating dan biasanya juga dijual oleh penyedia barang membran tersebut hanya saja anda harus membayar harga primer tadi selain juga membayar harga asphalt yang anda butuhkan. volume membran dan coating primer nya tergantung dari volume bidang yang akan dilapisi asphalt. anda juga bisa berkonsultasi dengan penyedia barang tentang kebutuhan volume roll asphalt dan volume liter primer.
persiapan selanjutnya adalah persiapan alat, alat ini berupa torch api yang bisa diatur untuk mematikan dan menghidupkan api, gas elpiji yang tersambung ke alat bakar (torch) tadi, serta beberapa scrup dempul.
karena pekerjaan ini menggunakan api maka perhatikanlah safety, seperti sepatu boat dan sarung tangan.
Tahap selanjutnya adalah memasangkan asphalt pada bidang yang sudah dilapisi primer sebelumnya, letakkan roll asphalt pada bidang, buka roll asphalt dan bakar sedikit demi sedikit, lebih baik dibakar setiap jarak 50cm. tepuk dengan tangan supaya asphat merekat pada bidang kerja, terus saja membakar begitu sampai semua bidang tertutupi.
setelah semua terpasang anda harus menutup bagian tepi asphalt juga dengan membakar. untuk lebih jelas perhatikan beberapa dokumen foto saya berikut. kalau ingin videonya bisa contact ke email. semoga bermanfaat


bersikan surface
lapisi dengan primer

bakar asphalt setiap 50cm
ratakan dengan tangan



kunci bagian pinggir
kunci sambungan















No comments: