Thursday, 1 December 2011

Tracing Back The Jilani's Work “Tafsir Jailani” - Syeikh Abdul Qadir Jailani


Syehk Abdul Qadir Jailani, Qs dilahirkan di Jailan. Yaitu negeri terpencil di belakang Thabrastan, yang di kenal dengan Kail atau Kailan. Oleh karena itu para ulama berbeda pendapat ketika menisbatkan nama beliau kepada tanah kelahirannya. Sebagian ada yang menisbatkan wilayah Jilan ini menjadi Jili. Sebagian menisbatkannya menjadi Jilani. Namanya disebut-sebut sebagai Sulthanul Auliya, rajanya para wali. Tapi, publik tidak banyak tahu bahwa Abdul Qodir al Jilani juga seorang mufasir atau ahli tafsir Al-Qur’an.
tafsir ini tidak banyak diketahui, karena belum lama ditemukan. Kitab ini baru diterbit setahun yang lalu, oleh penerbit di Istambul Turki.

Syekh. DR.M. Fadil Al-Jaelani
Adalah Syekh Dr.M.Fadil Al-Jaelani yang juga termasuk cucu keturunan yang ke-19. Beliau telah melakukan penelitian selama selama 34 tahun demi menemukan karya-karya Syekh Abdul Qodir Al-Jaelani yang banyak diantaranya telah hilang. 3 jilid manuskrip aslinya ditemukan di Vatikan Italia
Beliau telah melakukan penelitian terhadap karya-karya Abdul Qadir Jaelani tersebut sejak 1977 sampai sekarang.  Selama itu Muhammad Fadhil telah mengunjungi 67 perpustakaan di dunia. Yaitu, Makkah Almukarromah, Madinah Almunawwaroh, Jeddah, Thaif, Riyadh, Dammam, Abha, Hamims, Masyets.Tabuk, Kairo Mesir.
Selain itu ke Iskandariyah, Baghdad, Mushil, Arbil, Aqtaa, Dahouk, Damaskus, Halab, Hamaa, Humsh, Beirut, Der Rouz, Tarablus, Aman, Oqbah, Ma’an, Madyan, Jersey, Dubai, Munich, Sheturd Gard, Beriman, Berlin, Frankfurt, Vatikan, Roma, Flourenza, Paris, Qonia, Istambul.


Juga perpustakaan Zurich, Wiyana, Amsterdam, Brouksel, Karakouf, Los Angeles, Washington, Teheran, Islamabad, Karachi, New delhi, Haidarabad, Ashqobat, Taskan, Bakaa, Astana, Bechak, Mohaj Qol’ah, Almaa Ataa, Moskow, Key ef, Cambridge, Granada, Qarthaba, Lizbon dan Casablanca.
Setelah diteliti,ternyata karya syekh Abdul Qodir Al-Jaelani mencapai lebih dari 100 buah namun seorang orientalis yang bernama Rogen Mark mengungkapkan bahwa karya beliau hanya berjumlah 52 buah.Karya monumental beliau sekh Abdul Qodir yang sekarang sudah ditemukan dan dibukukan.
Sampai hari ini beliau telah mengkantongi 28 judul kitab karangan syekh Abdul Qodir Al-Jaelani,namun masih ada 40 judul lagi yang sedang di lacak dan 32 judul lagi yang belum terlacak.
Semoga semua karya bisa ditemukan kembali

No comments: